BAB
II
LANDASAN
TEORI
A.pengertian metode cooperative script
1.
Pengertian Metode Cooperative Script
Metode Cooperative Script adalah
salah satu dari beberapa metode yang ada di model pembelajaran kooperatif (
Cooperative Learning ). Metode ini dikemukakan oleh Danserau dan
kawan-kawan pada tahun 1985.15 Pembelajaran kooperatif adalah kegiatan
pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu
mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan atau inkuiri.16 Pada pembelajaran
kooperatif para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diarahkan
untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan, dalam hal ini
sebagian besar aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa yakni mempelajari
materi pelajaran dan didiskusikan untuk memecahkan masalah ( tugas ).
Adapun pengertian Pembelajaran
Kooperatif adalah sebagi berikut :
a. Pembelajarn kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang
berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan
kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
b. Pembelajaran Kooperatif adalah pembelajaran yang menuntut
kerjasama siswa dan saling ketergantungan dalam struktur, tugas, tujuan dan
hadiah.
c. Sedangkan menurut Slavin, pembelajaran kooperatif adalah
suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam
kelompokkelompok kecil secara kolaboratif yang beranggotakan 4 – 6 orang dengan
struktur kelompok heterogen.
Dari uraian diatas maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran yang
menggunakan adanya kerjasama antara siswa dalam suatu kelompok kecil yang
bersifat heterogen untuk mencapai tujuan belajar bersama.
Tujuan dibentuknya kelompok
kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlihat
secara aktif dalam proses berfikir dalam kegiatan belajar mengajar. Beberapa
ahli menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tidak hanya unggul dalam
membantu siswa memahami konsep yang sulit, tetapi juga sangat berguna untuk
menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, bekerjasama dan membantu teman. Selain
itu keterlibatan siswa secara aktif pada proses pembelajaran dapat memberikan
dampak positif terhadap siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Metode Cooperative script terdiri
dari dua kata yaitu “ Cooperative” dan ” Script”. Kata
Cooperative berasal dari kata “ Cooperate “ yang berarti bekerjasama,
bantu-membantu, gotong-royong, selain itu juga berasal dari kata “
Cooperation “ yang artinya kerjasama, koperasi persekutuan. Sedangkan kata “ Script ” berasal
dari kata “ Script ” yang berarti uang kertas, darurat, surat
saham sementara dan surat andil sementara. Jadi yang dimaksud Cooperative
Script disini adalah naskah tulisan tangan, surat saham sementara.
Menurut Dansereau dan kolegennya
Cooperative Script adalah suatu cara bekerjasama dalam membuat naskah tulisan
tangan dengan berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengintisarikan
materi-materi yang dipelajari.
Dengan kata lain metode cooperative script merupakan metode belajar yang
membutuhkan kerja sama antara dua orang, yang mana yang satu sebagai pembicara
dan yang satunya sebagai pendengar. Metode Cooperative dikenal juga dengan nama
metode Skrip Koperatif.
Kelebihan
metode cooperative script
|
Kekurangan
metode cooperative script
|
Melatih pendengaran, ketelitian/kecermata.
|
Hanya digunakan untuk pembelajaran tertentu
|
Semua siswa mendapat peran dalam diskusi,
kesempatan untuk mengungkapkan ide atau pendapat
|
Hanya dilakukan dua orang. Tidak melibatkan
seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut.
|
Melatih siswa mengevaluasi hasil diskusi untuk
diselesaikan bersama.
|
|
|
2.pembelajaran
bahasa arab
Bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting
dalam berinteraksi dengan siapapun di dunia ini,banyak sekali bahasa yang
tercipta, semua itu untuk mempermudah dalam berkomunikasi dengan yang
lainnya.Bahasa juga merupakan alat komunikasi yang utama, kreatif, dan cepat
bagi manusia untuk menyampaikan ide, pikiran dan perasaannya.Bahasa tidak mungkin
terpisahkan dari kehidupan manusia, karena manusialah yang menggunakan bahasa
itu sendiri untuk berinteraksi.
Dengan demikian bahasa merupakan tanda kebesaran
Allah SWT sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum : 22, yang artinya: “Dan
diantara tanda tandak keuasaannya-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan
berlain-lain bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu
benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui” (Ar-Rum : 22)
Bahasa Arab memiliki keistimewaan dengan bahasa
lainnya, karena nilai sastra yang bermutu tinggi bagi mereka yang mendalaminya
serta bahasa Arab juga ditakdirkan sebagai bahasa Al-Qur’an yang
mengkomunikasikan kalam Allah. Karena di dalamnya terdapat uslub bahasa yang
mengagumkan bagi manusia dan tidak ada seorangpun yang mampu menandinginya. Dalam Al-Qur’an disebutkan: “Sesungguhnya jika manusia dan
jin berkumpul untuk membuat yang serupa dengan al-qur’an ini, niscaya mereka
tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia sekalipun sebagian mereka
menjadi pembantu bagi sebagian yan lain.” (Al-Israa’: 88)
Bahasa Arab dan Al-Qur’an merupakan kesatuan yang
tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Dalam belajar Al-Qur’an bahasa
Arab adalah syarat mutlak yang harus dikuasai, demikian halnya denga belajar
bahasa Al-Qur’an berarti belajar bahasa Arab. Bahasa Arab termasuk salah satu
di antara bahasa yang banyak digunakan di dunia, karena banyak yang
menggunakannya maka bahasa Arab ini menjadi bahasa Internasional dan diakui
oleh dunia. Maka tidak berlebihan jika pembelajaran bahasa Arab perlu
mendapatkan penekanan dan perhatian mulai dari tingkat SD (Sekolah
Dasar) sampai Lembaga Pendidikan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, Umum maupun
yang Agama untuk diajarkan dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan dan
perkembangan peserta didik.
Dalam dunia pendidikan, belajar merupakan peran
utama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan sumber daya
manusia. Dalam hal ini siswa sebagai subyek belajar harus
meluangkan waktu seoptimal mungkin untuk meningkatkan kualitas belajar.
Dengan demikian belajar adalah proses yang ditandai perubahan diri pada
seseorang. Perubahan dalam hal ini adalah tingkah laku,
pengetahuan, pemahaman, kebiasaan, serta perubahan pada aspek lain yang ada
pada diri siswa.
As claimed by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country live 10 years longer and weigh 42 pounds less than us.
ReplyDelete(Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)
P.S, I said "HOW", and not "WHAT"...
CLICK this link to see if this short test can help you find out your true weight loss potential